Tak Perlu ke bengkel, Yuk Coba Cara Mudah Hilangkan Baret di Mobil Ini!

Tak Perlu ke bengkel, Yuk Coba Cara Mudah Hilangkan Baret di Mobil Ini!

Ada berbagai faktor yang mengakibatkan munculnya goresan atau baret pada bodi mobil Anda, seperti benturan atau umur kendaraan yang sudah lama. Meskipun ukurannya kecil, baret pada mobil jelas akan membuat penampilan mobil nampak kurang menarik, kan? Memang sih, pengguna asuransi kendaraan bermotor tipe allrisk bisa mengajukan klaim untuk memperbaiki masalah tersebut. Namun, apa iya setiap kali muncul baret Anda akan membawa mobil ke bengkel untuk memperbaikinya?

Pastinya akan merepotkan, kan? Tenang saja, karena ternyata baret bisa Anda hilangkan sendiri di rumah? Simak caranya berikut ini! 

1. Cek dulu kondisi baret 

Kadang, “baret” yang muncul sebenarnya hanya kotoran/debu yang mengeras. Untuk baret seperti ini biasanya ditandai dengan adanya bagian yang menonjol karena tumpukkan debu tersebut. Anda bisa menghilangkannya dengan kanebo basah dan melapnya secara perlahan. Kalau ternyata benar baret atau goresan, cek dulu seberapa parah baretnya dengan memerhatikan kedalamannya. Apabila Anda sampai bisa melihat warna khas logam yang perak, artinya baret terhitung dalam dan sulit untuk Anda hilangkan sendiri di rumah. Sedangkan baret ringan sekadar mengenai cat dan tidak menggores bagian logam bodi kendaraan.

2. Gunakan kompon 

Kalau Anda sudah positif yakin kalau baretnya ringan, Anda bisa hilangkan sendiri di rumah. Salah satunya adalah dengan memoles bagian tersebut dengan kompon. Anda bisa mengikis cat di sekitar baret sampai baret pun tertutup cat di sekitarnya itu. 

Cara menggunakannya pun mudah

  • Bersihkan dulu permukaan mobil yang baret dengan air, lalu lap sampai kering dengan lap mikrofiber.
  • Poles bagian tersebut dengan kompon – lakukan dengan cepat agar kompon tidak cepat kering, dan jangan terlalu ditekan.
  • Bilas lagi dengan air dan keringkan.
  • Lapisi dengan wax agar permukaan tersebut jadi mengkilap.

3. Gunakan scratch remover 

Namanya saja scratch remover, alias penghilang gores/baret. Anda bisa membelinya di toko aksesoris mobil. Penggunaan scratch remover sangat mudah, karena hanya perlu Anda oleskan pada bodi yang baret dengan jari secara merata, lalu gosok dengan lap microfiber. Namun, Anda mungkin perlu mengulang penggunaannya beberapa kali agar baret bisa hilang sepenuhnya.

4. Gunakan obat nyamuk oles (lotion) 

Meskipun cara ini bisa dilakukan untuk menghilangkan baret, tapi efeknya hanya sementara dan sebaiknya Anda gunakan hanya dalam kondisi terdesak karena Anda kehabisan kompon atau scratch remover. Sebab, sifat lotion anti nyamuk sebenarnya cukup keras bagi cat mobil, yang dalam beberapa mobil malah bisa merusak kualitas dan membuat cat terlihat pudar atau buram. Cara menggunakannya yaitu, oleskan lotion anti nyamuk pada bagian yang baret, lalu diamkan sebentar selama 10-20 detik. Kemudian, bilas dengan air dan segera keringkan.

Bagaimana, ternyata menghilangkan baret di mobil sangat mudah, kan? Jadi, kalau Anda menemukan baret kecil pada kendaraan nantinya, Anda sudah tahu cara untuk menghilangkannya, deh!

0 komentar:

Posting Komentar