4 Penyebab Rusaknya Wiper Mobil

4 Penyebab Rusaknya Wiper Mobil

Wiper atau penyeka kaca merupakan komponen kendaraan beroda empat atau lebih yang berfungsi untuk membersihkan kaca depan dan belakang mobil dari air, debu, ataupun kotoran lainnya. Biarpun berukuran kecil dan cenderung ringkih, wiper punya peran penting terhadap keselamatan berkendara kamu, terutama pada saat hujan. Sebab rusaknya wiper bisa menyebabkan kaca jadi tidak bersih dan pandanganmu menjadi terhalang. Yuk, cari tahu apa saja hal-hal yang bisa merusak wiper supaya kendaraan dengan cicilan mobil bekas 1 jutaan milikmu tidak mengalami hal serupa.

1. Karet bilah penghapus (blade) sobek

Penyeka kaca terdiri dari motor penggerak, tuas, dan bilah penghapus yang biasanya terbuat dari karet dengan rangka logam atau plastik. Nah, menurut laman Fix Auto, sobeknya karet bilah penghapus merupakan penyebab paling umum rusaknya wiper. Pasalnya ketika karet bilah ini terkoyak, tuas wiper tidak dapat bergerak dengan mulus melintasi kaca depan atau belakang mobil untuk membersihkan kotoran.

2. Motor penggerak tidak berfungsi

Penyebab kedua rusaknya penyeka kaca adalah matinya motor penggerak. Tidak berfungsinya mesin penggerak alat ini bisa diakibatkan oleh korsleting atau malfungsi. Karena motor penggerak mati, tentu saja wiper tidak akan bisa berfungsi sama sekali. Kalau sudah begini, kamu bisa mengecek kabel di bagian motor penggerak untuk memastikan apakah ada kabel yang terputus atau longgar hingga menyebabkan korsleting.

3. Sekring (fuse) terbakar

Sekring atau fuse merupakan salah satu bagian penyeka kaca yang bertugas untuk melindungi motor penggerak. Pada beberapa kasus, sekring penyeka kaca terbakar semata karena bentuk desainnya. Namun pada beberapa kasus lain, sekring penyeka kaca sering terbakar secara otomatis ketika motor penggerak sudah kelebihan beban. Bisa dibilang, otomatisasi ini merupakan tindakan preventif untuk mencegah motor penggerak aus atau malah rusak.

4. Cuaca buruk

Kombinasi logam dan plastik yang menyusunnya membuat penyeka kaca memiliki struktur yang ringan. Untuk itu, alat ini sebetulnya tidak didesain buat membersihkan bongkahan besar es batu, salju tebal, maupun tumpukan lumpur yang menempel di bagian kaca depan mobil. Sebab, memaksakan membersihkan kotoran semegah ini hanya akan merobek karet bila penghapus. Tips: bersihkan bonghakan es batu, salju tebal, maupun tumpukan lumpur dengan alat lain (seperti kain pel, misalnya) sebelum menggunakan wiper untuk membersihkan kaca kendaraan kamu.

5. Mur poros longgar

Mur poros pada penyeka kaca menghubungkan antara tuas dan transmisi wiper. Komponen ini cukup sering terlepas dari bagian penyeka kaca karena alasan melonggar. Bila penyeka kaca dengan mur poros longgar dinyalakan, motor penggerak akan tetap menyala. Hanya saja, tuas penyeka kaca akan diam di tempat atau bergerak salah satunya. Kalau sudah begini, coba intip titik sambung wiper untuk melihat apakah benar mur poros melonggar.

Itulah dia 5 penyebab rusaknya wiper mobil. Setelah tahu informasi di atas, semoga kamu bisa segera mengaplikasikannya pada kendaraan kamu, ya.

0 komentar:

Posting Komentar